Selasa, 25 April 2017

Tugas Tambahan Teknik Dan Proses Keselamatan Kerja

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN KERJA K3

Keselamatan dan kesehatan kerja yang biasa disingkat K3 adalah sebuah instrumen yang memproteksi perusahaan pekerja, lingkungan hidup, serta masyarakat yang ada disekitar area potensi bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan (proteksi) tersebut merupakan hak asasi yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Tujuan utama dari K3 adalah mencegah, mengurangi, dan berusaha mengurangi risiko kecelakaan kerja (zero accident).
Pencarian lainnya berkaitan dengan artikel ini adalah peralatan keselamatan kerja, perlengkapan keselamatan kerja. Alat safety, alat-alat keselamatan kerja beserta fungsinya, alat pelindung diri (APD), alat k3, alat keselamatan kerja k3, peralatan safety k3, alat perlindungan diri k3.

Hasil gambar untuk peralatan keselamatan kerja
Gambar berbagai jenis peralatan keselamatan kerja.
Salah satu cara untuk mencapai tujuan K3 tersebut yaitu perusahaan harus melengkapi pekerjanya dengan alat-alat keselamatan yang memadai. Alat keselamatan kerja ini biasa disebut dengan istilah APD (Alat Pelindung Diri). APD harus dipakai sesuai dengan tingkatan bahaya serta risiko dari pekerjaaan, untuk menjaga keselamatan pekerja dan orang yang berada disekitarnya. Beberapa jenis peralatan dan perlengkapan keselamatan kerja K3 yang sering dipakai di sebuah perusahaan adalah seperti dibawah ini :
1. Rompi Reflektor (Safety Vest); rompi ini diengkapi oleh bahan yang dapat berpendar bila tersorot cahaya. Pendaran ini akan membantu mengetahui posisi pekerja saat berada ditempat yang gelap.
2. Helm Pengaman (Safety Helmet); helmet utamanya berfungsi untuk melindungi kepala pekerja dari jatuhan ataupun benturan benda asing secara langsung.
3. Kacamata Pengaman (Safety Goggles/Glasses); kacamata jenis ini didesain khusus untuk menutupi mata secara menyeluruh, termasuk pada bagian samping mata yang biasanya tidak terproteksi oleh kacamata biasa. Fungsi utama safety glases adalah untuk menghindari pekerja dari kontak debu secara langsung.
4. Sepatu Pengaman (Safety Shoes); Sepatu jenis ini harus terbuat dari bahan kulit yang dilapisi metal. APD ini berguna untuk mencegah kecelakaan terhadap kaki pekerja, misalnya tertimpa benda tajam ataupun benda berat, cairan kimia, benda panas, dan sebagainya.
5. Sarung Tangan Pengaman (Safety Gloves); jenis APD ini berfungsi sebagai pelindung tangan saat bekerja pada situasi yang bisa mengakibatkan cedera tangan.
Peralatan dan perlengkapan keselamatan kerja diatas baru yang umum-umum saja disebutkan. Sebenarnya, masih banyak lagi APD yang lebih khusus lainnya, yang berfungsi untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja misalnya Safety Masker/masker respirator (Penyaring Udara), Ear Plugs (Pengaman Telinga), Lampu Kepala, Self Rescuer, Safety Boot (Sepatu Boot), Safety Harness (Tali Pengaman), dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar